Top Ad 728x90

, , ,

SUNGAI MENDIDIH YANG MENGALIR

Baca Juga


Tak seperti sungai yang lazimnya kita temui. Di hutan Amazon tepatnya di daerah Mayantuyacu, Peru, terdapat sebuah sungaianeh yang airnya sangat panas ataumendidih. Benar-benar sangat cukup untuk merebus hewan-hewan kecil yang masuk berenang di sana. 


Suhu air di sepanjang 6,4-km-rentang sungai antara 50 dan 90 derajat Celsius. Bahkan di beberapa bagian hampir mencapai titik didih 100 derajat. Itu cukup panas untuk menyebabkan luka bakar dalam hitungan detik.

Sungai ini begitu misterius, selain dari beberapa referensi yang bertanggal kembali ke tahun 1930-an tidak ada dokumentasi ilmiah mengenai sungai mendidih ini dan para ahli geologi menyangsikan keberadaannya didasarkan pada kenyataan bahwa untuk mendidihkan bagian dari sungai akan dibutuhkan sejumlah besar panas bumi, yang tidak mungkin ada karena cekungan Amazon terletak 400 mil (645 km) jauhnya dari gunung berapi aktif terdekat.


Keberadaan sungai ini secara resmi dikonfirmasi pada tahun 2011, ketika ilmuwan panas bumi Andrés Ruzo memutuskan untuk menyelidiki sendiri keberadaan sungai yang mendidih setelah mendengar banyak cerita dan legenda yang membuatnya cukup penasaran untuk berangkat mencarinya.


Air sungai yang begitu panas membuat penduduk setempat secara rutin menggunakannya untuk menyeduh teh. Mereka juga percaya bahwa uap air sungai membuat khasiat obat dalam daun pohon Ranaco yang berada di dekat sungai jadi lebih dahsyat.

Namun sejauh ini, belum ada yang mampu memecahkan misteri air sungai yang mendidih. Ruzo hanya dapat memberikan teori sementara - ia percaya bahwa air panas dapat mengalir dari zona sesar, atau celah-celah di bumi, memanaskan berbagai bagian dari sungai.

0 komentar:

Posting Komentar

Top Ad 728x90